Berita Terbaru – Seperti tanker minyak yang meluncur dengan kecepatan penuh tidak dapat di stop selekas mungkin, kenaikan sensasional permukaan laut akan bersambung walau emisi gas rumah kaca dapat dikurangi sampai 0 pada 2030. Menurut riset paling baru yang dikerjakan ahli Jerman, emisi gas rumah kaca di antara 2015, waktu kesepakatan iklim Paris disetujui sampai 2030, cukup untuk meningkatkan permukaan air sebanyak 8 cm pada 2100.

Pakar Dari Jerman Ungkap Bahwa Kenaikan Permukaan Laut Tetap Berlanjut Walau Gas Rumah Kaca Di Batasi

Jadi perbandingan, permukaan air laut akan naik sekitar 20 cm pada 2300 dengan mengacu pada periode 1986-2005. Rangkuman ini sudah diedarkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Dengan keseluruhan, permukaan air laut direncanakan akan naik paling tidak sekitar satu mtr. pada 2300 dalam kondisi berlebihan dimana emisi gas rumah kaca turun jadi 0 dalam 11 tahun akan datang. Serta mungkin prediksi konservatif: beberapa ahli yang di dukung PBB telah memprediksi kenaikan tinggi permukaan laut di antara 26 sampai 77 cm di akhir era ini.

Seperempat dari kenaikan satu mtr. itu pada 2030 akan disebabkan oleh emisi dari China, AS, Uni Eropa, Rusia, serta India pada 40 tahun awalnya, kata beberapa pengarang dari laporan itu, mengaitkan. Jadi perbandingan, samudra naik seputar 20 cm pada era ke-20. Salah satunya penulis, Alexander Nauels dari institut Analisa Iklim di Berlin menjelaskan pada AFP, studi itu mempunyai tujuan untuk tunjukkan jika emisi sekarang akan mempunyai dampak yang pasti pada kenaikan permukaan laut. Hal tersebut akan berasa pada 200 tahun ke depan.

“Kita konsentrasi pada era ke-21,” tuturnya. Ia mengingatkan, terkadang hal tersebut dapat memberi kesan-kesan jika sesudah era ke-21 tidak ada hal-hal lain yang berlangsung. Kenaikan permukaan laut dikarenakan oleh beberapa kejadian yang kompleks yang dapat berlangsung dalam periode waktu yang benar-benar lama. Hal tersebut mempersulit riset. Belum juga jelas kenapa es di Arktika dapat lebih lamban mencair dibanding es di Greenland.

“Jika Anda lihat permasalahan kenaikan permukaan laut, momen itu berlangsung benar-benar lambat serta memberi respon skema,” kata Nauels. “Satu cm kedengarannya sedikit, tetapi sebenarnya banyak,” tuturnya. Dalam laporan yang diedarkan tahun kemarin, beberapa ahli dari Panel Pergantian Iklim Antarpemerintah (IPCC) menjelaskan kurangi kenaikan permukaan air sekitar 10 cm akan selamatkan 10 juta orang di beberapa daerah pantai dari efek banjir, kenaikan badai serta efek yang lain.

admin Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *