Berita Terbaru – Sentuhan kulit di antara ibu dengan bayinya yang baru lahir nyatanya tidak dapat disepelekan demikian saja. Dikutip wartawan, Jumat (27/2/2015), dokter spesialis anak Gusti Ayu Trisna Windiani menerangkan faedah sentuhan ibu pada anak. Menurut dia, kontak langsung ibu serta anak sepanjang 20-120 menit sesudah melahirkan diakui bisa memberi dampak positif pada ikatan ibu serta bayi setahun sesudahnya.

Wajib Tahu Betapa Pentingnya Sentuhan Ibu Untuk Perkembangan Si Kecil

Jika dikerjakan dengan berkepanjangan, karena itu faedahnya dapat lebih dari itu. “Kulit ini ada sarafnya, dia akan melanjutkan ke otak. Dikirim impulsnya, lalu keluarkan hormon-hormon, turunkan kandungan hormon depresi, perputaran diperbaiki, denyut jantung, oksigen lebih baik, respirasinya ,” jelas Trisna.

Pengakuan itu kira-kira seirama dengan riset yang dikutip American Psychological Association (2002). Analisa ini mengutarakan, sentuhan atau pijatan dapat dibuktikan bisa turunkan depresi, kekhawatiran, serta stres. Analisa itu juga nyatanya terkait dengan Teori Kelekatan dari Bowlby (1969), satu orang psikolog, psikiater, serta psikoanalis Inggris.

Menurut teori ini, pengasuhan anak yang dikerjakan dari figur paling dekat, seperti ibu akan berguna buat perubahan anak jika digerakkan dengan protektif serta aman. Itu berarti, menyertakan sentuhan serta pijatan ibu dalam media pengasuhan anak akan membuat perubahan si kecil makin maksimal. Serta, riset Beider, Mahrer, & Gold (2007) temukan jika sentuhan dapat mengobati beberapa permasalahan fisik serta emosional yang terkait dengan traumatik.

Misalnya pengalaman traumatik karena musibah alam. Umumnya ini akan membekas dalam otak jadi insiden jelek. Pengalaman itu akan menimbulkan kekhawatiran serta depresi dengan intensif yang tinggi. Pijatan serta sentuhan-lah yang selanjutnya jadi salah satunya aksi untuk turunkan tingkat kekhawatiran serta desakan psikologis itu.

Panduan pergerakan sentuhan ibu pada anak Keajaiban sentuhan ibu itu tentu saja harus betul-betul dikerjakan untuk perubahan anak. Supaya optimal mengerjakannya, Nivea dalam info tertulisnya memberi 3 panduan pergerakan sentuhan ibu pada anak:

Yang pertama adalah Sentuh menggunakan empat jari

Sentuhan pada anak paling cocok dikerjakan dengan empat jari (telunjuk, jari tengah, jari manis, serta kelingking) memakai ke-2 tangan. Sentuhan dikerjakan di bagian depan serta belakang. Sisi depan terbagi dalam 11 titik sentuhan serta belakang ada 8 titik. Semua dimulai dari kepala serta selesai di kaki.

Yang kedua adalah Sentuh dengan lembut serta penuh kasih sayang

Waktu sentuh beberapa titik pada badan anak, kerjakan dengan lembut serta penuh kasih sayang. Kerjakan sentuhan sepanjang 30 menit. Sentuhan semacam itu automatis akan membuat pijatan makin nyaman untuk si kecil hingga lebih berguna untuk tumbuh kembangnya.

Yang ketiga adalah Akhiri dengan pelukan

Sesudah usai lakukan sentuhan, mengakhiri dengan pelukan. Berterima kasih serta kata cinta untuk si kecil seperti “terima kasih” serta “aku menyayangimu”. Sentuhan ajaib ibu berikut sebagai perhatian Nivea.

Jadi info, semenjak 2016 Nivea mempunyai program bernama #SentuhanIbu. Arah program itu ialah ajak beberapa ibu supaya terus memberi sentuhan paling baik untuk anaknya dalam keadaan serta terbatasnya apapun. Program #SentuhanIbu ini jadi bukti loyalitas Nivea untuk wujudkan keajaiban sentuhan ibu pada tumbuh kembang si kecil. Informasi sedetailnya mengenai program ini dapat disaksikan di sini.

Nivea akan terus meneruskan program #SentuhanIbu. Program ini sukses dikerjakan di Bandung, Yogyakarta, serta Lombok serta akan diselenggarakan di beberapa wilayah Indonesia yang lain. Video di bawah ini akan menerangkan dengan detil tentang keajaiban sentuhan ibu pada anak.

admin Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *