Berita Terbaru – Peredaran hoax serta info menyimpang (misleading) sangat banyak di sosial media, tidak kecuali di Twitter. Basis mikroblogging ini sekarang tengah mengetes coba feature baru untuk menahan persebaran info sesat. Nanti, info atau kicauan misleading yang diupload politikus serta tokoh publik lain, akan dikasih cap warna oranye.

Twitter Punya Trobosan Baru Perihal Kicauan Yang Berbau Hoaks

Di dalamnya akan tercatat info jika “Laporan Komune Twitter mengidentidikasi twit ini melanggar kebijaksanaan komune sebab berisi info yang benar-benar menyimpang. Peredaran twit ini akan dikurangi”. Cap itu akan diikuti oleh pelurusan info yang sudah diverifikasi oleh team cek bukti serta jurnalis dengan lencana bewarna hijau disamping kanan username.

Dalam salah satunya tangkapan monitor yang dikumpulkan wartawan dari Engagdet, Sabtu (22/2/2020), ada banyak contoh aplikasi feature ini. Diantaranya twit yang pernah diupload politikus AS, Bernie Sanders mengenai penjualan senjata api di negaranya.

Dibawah twit langsung tersemat cap peringatan jika twit itu menyimpang. Diikuti beberapa verifikasi dari team cek bukti serta tautan berita dari media.

Twitter menjelaskan, feature ini salah satu implementasi dari kebijaksanaan anti-misinformation yang akan diaplikasikan mulai 5 Maret kelak. Pada tanggal itu, Twitter akan melarang content bermuatan deepfakes.

Deepfakes ialah tehnologi yang manfaatkan kecerdasan bikinan untuk mengubah muka seorang dalam video jadi muka orang lain, seumpama beberapa tokoh besar. Tehnologi ini cukup menggelisahkan sebab dapat merekayasa info serta disalahgunakan untuk menebarkan berita palsu.

“Kami mendalami beberapa langkah untuk mencegah misinformasi serta memberi makin banyak kerangka untuk twit di Twitter,” jelas perwakilan Twitter. Skema pelabelan kicauan ini akan diperluas dengan memberi point serta lencana buat pemakai yang menolong memberikan laporan twit menyimpang.

Dalam demonya, Twitter memberikan jika pemakai dapat memberi rangking berapa menyimpang twit seorang dengan rasio penilaian 1-100. Mereka selanjutnya harus memandang seberapa banyak orang yang akan menjawab secara sama. “Design ini dibikin jadi salah satunya pilihan yang akan menyertakan operan balik dari pemakai,” jelas Twitter. Beritanya, Twitter sudah meningkatkan feature peredam hoax serta disinformasi semenjak tahun 2017.

admin Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *